Skip to main content

Narsis...Narsis...


Semua pasti familiar sama kata "narsis", tapi tau ngga sih asal kata narsis itu darimana?
coba simak cerita berikut ini...

"I don't think any actor feels comfortable watching themselves in movies. You must be very narcissistic. The problem with your own opinion of yourself is that contrary to the normal spectators, when you watch a film you are in, you only watch yourself."
(Omar Sharif)

Bahasan tentang narsisme tidak lepas dari mitologi Yunani kuno. Alkisah ada seorang dewa bernama Narcissus. Parasnya tampan. Saking rupawannya, banyak dewi-dewi kena panah asmaranya. Termasuk Dewi Echo.

Suatu hari, Dewi Echo mengutarakan isi hatinya kepada Narcissus. Tapi, lelaki ini menampiknya dengan kasar. Dewi Echo pun hengkang dengan hati penuh luka sampai ajalnya tiba. Melihat ini, Dewa Apollo marah besar dan mengutuk sang dewa ganteng itu, bahwa hingga akhir hidupnya, Narcissus tidak akan pernah mengetahui cinta manusianya. Kutukan pun jadi kenyataan.

Suatu hari, Narcissus kehausan. Dia sampai di sebuah kolam yang airnya sangat jernih. Di tepi kolam itu, dia kemudian berjongkok dan ingin meminum airnya. Saat berjongkok, dia pun melihat bayangan dirinya di permukaan kolam itu. Langsung saja, saat melihat bayangan dirinya yang tampan, Narcissus jatuh cinta pada bayangan itu. Namun, bayangan itu tidak memberinya respons sama sekali. Konon akhirnya Narcissus kemudian mati di tepi kolam tersebut.

Inilah kisah mitologi kuno yang pada 1898 oleh seorang psikolog dari Inggris bernama Havelock Ellis dijadikan sebagai simbol untuk orang yang terlalu mencintai dirinya sendiri. Sejak itulah dikenal istilah narsistik yang menggambarkan manusia yang hanya berfokus pada dirinya sendiri serta menikmati pujaan dari orang lain kepadanya.

Bahkan, sekarang ini, dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV-TR) dikenal pula adanya Narcissistic personality disorder (NPD) yang dianggap sebagai salah satu dari gangguan kepribadian.

Apakah anda narsis? coba cek & ricek sama ciri-ciri narsis disini

Menghadapi orang yang narsis sebenarnya cukup mudah karena dia senang dihargai dan dipuja. Itulah yang menyebabkan orang narsis kadang mudah dikelabui. Namun, tidak selamanya orang narsis harus dipenuhi keinginannya karena dirinya tidak pernah ada puasnya.

Terkadang, mereka pun perlu diberitahu dan belajar 'mencintai' serta memberikan perhatian tanpa bersyarat kepada orang lain. Dalam taraf yang ekstrim, orang seperti ini butuh bantuan.

Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa tidak semua sikap seperti self promotion ataupun rasa percaya diri yang kita tunjukkan pasti berarti narsistik. Setiap orang harus memiliki kadar mencintai dirinya sendiri. Itu adalah hal wajar. Kalau tidak, semua orang mungkin sudah bunuh diri.

Bukankah saat kita melihat foto kita, orang yang pertama kali kita lihat adalah wajah kita sendiri. Inilah insting kehidupan kita. Hanya saja, jika insting ini berubah menjadi obsesi yang berlebihan, ia pun menjadi wajah narsistik yang merusak. Marilah kita mencintai diri dan bangga dengan diri kita, secara positif!


Artikel ini diambil dari sini


Comments

  1. beda antara narsis ama pede apa ya mbak..?

    ReplyDelete
  2. huaaaaah, gue narsis ga ya? hmm, ga juga sih, hanya saja selalu berpikir positif, gyahahahahha!!!

    ReplyDelete
  3. #anangyb
    kalo narsis itu kepedean, tapi kalo pede ngga kenarsisan mas, hehehehehe

    #siska
    hhmmm... okay...
    *mikir*

    ReplyDelete
  4. hari gini ga narsis? hehehe
    good posting, keep the good work

    ReplyDelete
  5. Wah saya dapat tambahan ilmu setelah membaca tulisan ini dan tulisan yang lain. Kreatif. Terus nulis ya? Thanks banget. Saya tunggu tulisan berikutnya.

    ReplyDelete
  6. #arielz
    hari gini ga narsis??
    kelaut aje.. hehehehhe

    #adnan
    wow.. terima kasih..
    itu beberapa tulisannya ngutip kok, ada sumbernya kan di bawahnya, banyakan ngutip dari sini nih http://web.bisnis.com/kolom/

    ReplyDelete
  7. wah, baru neh, arti sesungguhnya narsis, selama ini hanya baca n dengar doank,...
    sip banget infonya
    kesimpulannya narsis adalah orang yg terlalu membanggakan diri sendiri dan mempunyai pd yg berlebihan,... (gitu bos cantik?)

    ReplyDelete
  8. maksudnya baru tahu, salah ketik

    ReplyDelete
  9. #tips n trik blog
    selama ini narsis padahal ga tau artinya ya hahahaha piss ah bos!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tompi on Jazz Goes To Campuss

Beberapa hari mencari cara mengecilkan file video yang diambil di acara JGTC hari minggu lalu supaya bisa diupload disini, akhirnya usaha saya berhasil juga. Sekedar review, JGTC kemarin crowded banget, penuh sesak plus suasana ujan tapi bener-bener fun. Karna berangkatnya udah jam 5 sore, belom lagi jemput-jemput orang dulu, belum lagi macet-macet di jalan, akhirnya sampe sana cuma dapet performancenya Gugun & Blue Sbug, The Groove reunion, Tompi (the best part of JGTC), dan sempet nonton Maliq & D'essential walopun cuma sebentar. Kamera pocket seadanya yang saya bawa akhirnya cuma berisi eksklusif video Tompi, berhubung pas nonton The Groove dan Maliq & D'essential, ga bisa ambil gambarnya karna crowded banget. Ini dia video-video Tompi kemarin. Yang pertama, "L O V E" song... enjoy it.. Tau lagu ST12 yang lirik reff nya "jangan..jangan kau menolak cintaku" Mau denger versi jazznya Tompi?? here it is...

Ketularan Virus Plurk

Pertama kali kenalan sama microblogging sih pas baca artikelnya di bisnis.co m , kalo disitu dikasih taunya twitter yang banyak dipake orang, tapi ga taunya mulai muncul deh invitation-invitation plurk di email, awalnya sih ga terlalu tertarik. Ga lama lagi baca di milis2 deh tentang plurk, jadi mulai ikutan bikin walopun ga pernah diutak-atik, maklum belom ngerti. Nah.. kemaren si ilma deh ngeracunin gue pake racun plurk, jadi deh gue mulai keracunan. Awalnya sih ribet, ga ngerti, tapi lama-lama seru juga. Gue sih belom pernah buka microblog yang lain, tapi katanya sih yang bedain Plurk sama yang lain dari sisi desain. Format timeline dimana pengguna bisa langsung lihat semua post teman-teman di satu halaman. Di Plurk juga bisa tampil dengan beragam pilihan karakter/maskot dan desain theme untuk timeline-nya, bisa bebas bermain CSS untuk kustomisasi theme juga lho. Hal menarik lainnya adalah sistem Karma. Semakin aktif di Plurk, semakin tinggi Karmanya. Kalo Karmanya udah tinggi, bi

Anak Taon 90an hehehe seru deh..

Forwardan dari temen nih, lucu.. sapa yang menikmati masa remaja di taun 90an pasti cengar cengir hehehehehe.. enjoy it.. 1. Make sepatu ala ABRI merek Dok Mart (katanya kependekan dari Dokter Marten, wakakak, sapenye Roy Marten niih) 2. Make wardrobe merek ALIEN WORKSHOP (yoiii, sape yg ga tau merk ini) 3. Menjadi Korban Celana Bergaris (KCB) merek MAMBO 4. Punya koleksi Lengkap Grifone 5. Ngumpulin hal2 yg berbau Fido Dido 6. Maen In-Line Skate (roller blade) di senayan atau mentok2 di depan rumah 7. Beli dan make sepatu Reebok PUMP (pompa truuuuusss.. .) 8. Ga lupa beli juga sepatu La Gear Light (masi inget nyala lampunya doonk,,wakakaka) 9. Motong rambut dengan model SKIN DALEM 10. Yg cewek ga mau kalah, minta dipotong ala DEMI MOORE (hahahahaha) 11. Yg kurang suka skin dalem, bisa minta ala Jambul Tin Tin 12. Ngabisin koinan buat maen DingDong 13. Ga ada duit buat ding dong? Gampaaaang, maen ajha GIMBOT yg diiket pake tali yg maennya sambil jongkok (kl waktunya abis, tuh tali dit